9 PEPATAH JAWA

9 PEPATAH JAWA

Ini adalah bentuk Kearifan Lokal yang diambil dari pepatah sehari-hari, kata2 ini masih diterapkan sampai saat ini terutama di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, kemungkinan juga masih dijalankan didaerah lain;

1. Urip Iku Kudu Urup ( Hidup itu Me-Nyala, Hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain disekitar kita, semakin besar manfaat yang bisa kita berikan tentu akan lebih baik)

2. Memayu Hayuning Bawana, Ambrasta dur Hangkara (Manusia hidup di dunia harus mengusahakan keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan; serta memberantas sifat angkara murka, serakah dan tamak).

3. Sura Dira Jaya Jayaningrat, Lebur Dening Pangastuti (segala sifat keras hati, picik, angkara murka, hny bisa dikalahkan dgn sikap bijak, lembut hati dan sabar)

4. Ngluruk Tanpa Bala, Menang Tanpa Ngasorake, Sekti Tanpa Aji-Aji, Sugih Tanpa Bandha (Berjuang tanpa perlu membawa massa; Menang tanpa merendahkan atau mempermalukan; Berwibawa tanpa mengandalkan kekuasaan, kekuatan; kekayaan atau keturunan; Kaya tanpa didasari kebendaan)

5. Datan Serik Lamun Ketaman, Datan Susah Lamun Kelangan (Jangan gampang sakit hati manakala musibah menimpa diri; Jangan sedih manakala kehilangan sesuatu).

6. Aja Gumunan, Aja Getunan, Aja Kagetan, Aja Aleman (Jangan mudah terheran-heran; Jangan mudah menyesal; Jangan mudah terkejut-kejut; Jangan mudah kolokan atau manja).

7. Aja Ketungkul Marang Kalungguhan, Kadonyan lan Kemareman (Janganlah terobsesi atau terkungkung oleh keinginan untuk memperoleh kedudukan, kebendaan dan kepuasan duniawi).

8. Aja Kuminter Mundak Keblinger, Aja Cidra Mundak Cilaka (Jangan merasa paling pandai agar tidak salah arah;Jangan suka berbuat curang agar tidak celaka).

9. Aja Milik Barang Kang Melok, Aja Mangro Mundak Kendo (Jangan tergiur oleh hal-hal yang tampak mewah, cantik, indah; Jangan berfikir mendua agar tidak kendor niat dan kendor semangat).

Share

Similar Posts
Panduan Mengelola Website Sekolah
Panduan Mengelola Website Sekolah
Siapa bilang mengelola website sekolah itu mudah..?? Kenyataanya banyak website sekolah yang telah dibuat dan mengudara namun tidak banyak yang...
Cara CERMAT Belanja HEMAT
Cara CERMAT Belanja HEMAT
Dunia terus berubah, cara belanjapun juga berubah. Setidaknya ini terbukti dengan rilis yang disampaikan oleh Asosiasi Pengguna Internet Indonesia atau...
Bisnis Dahsyat 2018, Bagian 1
Bisnis Dahsyat 2018, Bagian 1
Taukah Anda, Market Usaha Agen Travel Ini Masih Sangat TERBUKA Lebar? Perhatikan Fakta-Fakta Berikut Ini : 1. Ada lebih dari...

There are no comments yet, add one below.

Leave a Reply


Name (required)

Email (required)

Website

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.